Kamis, 19 Juni 2014

BIODATA NABI MUHAMMAD SAW


NABI MUHAMMAD SAW
Nabi Muhammad SAW lahir dari seorang ibu yang bernama Aminah dan  ayahnya yang bernama Sayyid  Abdullah. Nabi Muhammad lahir pada tanggal 12 Rabiul Awwal tahun gajah, bertepatan dengan tanggal 20 April 571 masehi. Dilahirkannya yaitu dikota makkah dan disusui oleh siti Halimah orang Bani Sa’ad setelah umur tujuh hari.
Nabi Muhammad tinggal di bani Sa’ad bersama siti Halimah selama 4 tahun, setelah itu diserahkan kepada ibunya siti Aminah di makkah. Ketika nabi Muhammad  umur 6 tahun ibunya meninggal dunia setelah pulang jiarah dari madinah ke makam Ayahandanya ( Abdullah ). Kemudian dari mulai 6 sampai 8 tahun Nabi di urus oleh kakeknya yaitu Abdul Mutholib, ketika Nabi  umur 8 tahun kakeknya meninggal dunia, dan Nabi dipelihara oleh pamannya yaitu Abu Tholib. Ketika Nabi umur 25 tahun, nabi menikah kepada siti khodijah, ketika umur 35 tahun setelah Renopasi Ka’bah Nabi dijuluki Al-Amin ( orang terpercaya ). Pada umur 40 tahun Nabi menerima wahyu pertama di jabal Nur ( Goa Hiro ) sekaligus merupakan penetapan bahwa Nabi  telah diangkat Rasul. tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan. 13 tahun sebelum hijrah.
Selama 13 tahun Nabi berdakwah di Mekah, dengan penuh Caci maki, tantangan dari yang dekat atau yang jauh, bahkan penyiksaan yang bertubi-tubi kepada Orang yang mengikuti Nabi pun ( para sahabat ) tidak luput juga dari penyiksaan yang tidak berprikemanusiaan. Ketika umur 53 tahun Nabi hijrah atau pindah kemadinah Al-Munawwaroh. Hijrah terjadi dikarenakan orang kafir Quraisy sudah memuncak kemarahannya kepada Nabi,sehingga rumah Nabi Muhammad dikepung agar bisa membunuh Nabi,tapi karena mu’jizat dari Alloh Nabi selamat dari ancaman dan pembunuhan orang Quraisy tersebut. Nabi pergi hijrah bersama Abu bakar Shidiq dan petunjuk jalan. Sesampainya di Madinah, Nabi diterima oleh masyarakat Madinah yang asal mula nama kota tersebut adalah Yatsrib.
Selama sepuluh tahun Nabi da’wah dimadinah, terbilang sukses,dikarenakan Masyarakat Madinah tersebut menerima kehadiran Nabi dan Ajaran Nabi  Muhammad,karna Nabi Muhammad telah disebut-sebut dalam kitab-kitab terdahulu, seperti Taurat dan Injil,sehingga sebelum Nabi datang ke Madinah orang Quraisy sudah banyak yang memeluk agama islam. ketika mereka datang ke Makkah mengikuti perdagangan dan jual beli di pasar Ukaj Makkah,yang diselenggarakan oleh masyarakat Makkah setiap setahun sekali.
Bersamaan dengan da’wah Nabi ke berbagai penjuru yang tidak pernah luput dari rintangan dan halangan,Nabi juga diberi Wahyu oleh Alloh berupa Syariat Islam secara lengkap. Selama 22 tahun 2 bulan 22 hari Al-Qur’an tamat, maka Syari’at Islam pun sempurna. Pada bulan Rabi’ul awwal, 63 tahun dari masa kelahiran, Nabi Muhammad meninggal dunia.
            Adapun Ahklaq Nabi Muhammad SAW yaitu: Nabi Muhammad adalah sosok seorang manusia yang berpisik sempurna, dicintai oleh semua manusia, baik kawan atau lawan, budi pekertinya sangat mulia, sangat takut kepada Alloh, sehingga tidak berani melakukan pekerjaan yang tercela, apalagi melanggar pelaturan-pelaturan Alloh SWT, sangat hormat terhadap orang yang lebih tinggi umur dan Ilmunya, sangat sayang terhadap orang yang dibawahnya,apalagi kepada orang Miskin,kaum Du’afa dan dan anak-anak yatim, penampilan yang sangat terhormat, pema’af dan bijaksana, sehingga beliau memiliki Akhlaq mulia yang tidak ada taranya atau Akhlaqul karimah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar